Getaran Gempa Padang Terasa Sampai Singapura


Tiga rumah warga roboh dan satu gedung SMA rusak berat di Kepulauan Mentawai, Sumbar, akibat guncangan gempa tektonik 7,2 SR, Senin sekitar pukul 15.35 WIB, namun belum diketahui adanya korban akibat bencana tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius, menyebutkan, data rumah roboh dan gedung sekolah rusak berat itu berdasarkan laporan masyarakat pasca gempa terjadi. Tiga rumah terdapat di di Desa Sikakap, Kecamatan Pagai Utara Selatan dan gedung sekolah yang rusak terjadi di SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan.

Warga di kepulauan berjarak sekitar 110 mil laut arah Barat pulau Sumatera itu, merasakan guncangan gempa cukup kuat. Pascagempa sebagian besar warga di pesisir pantai Mentawai mengungsi ke perbukitan. Banyak pula warga mengungsi di ladang dan tempat-tempat ibadah. Warga masih trauma dengan gempa serta ancaman gelombang tsunami, tambahnya.

Kortanius mengatakan, bagi para pengungsi itu pimpinan DPRD Mentawai telah menghubungi camat setempat untuk segera menyalurkan tenda darurat. Kota Padang dan sejumlah daerah lainnya di Sumbar dan Bengkulu diguncang gempa tektonik 7,2 skala richter (SR) yang berpotensi tsunami.

Gempa berpusat pada 165 kilometer arah Barat Daya. Muko-Muko, Bengkulu pada koordinat 2,66 Lintang Selatan (LS) dan 99,63 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.(ANT/ROY)

Gempa 7,2 SR yang terjadi di dekat Mukomuko, Bengkulu, Senin (25/2), sekitar pukul 15.36 WIB terasa getarannya hingga Singapura. Sejumlah kota di Sumatera merasakan getaran paling kuat, sedangkan getaran lemah juga terasa di Jakarta.

Daerah yang merasakan getaran paling besar di Painan, Sumatera Barat dengan kekuatan antara 4 hingga 5 MMI (modified mercally intensity). Di Mukomuko dan Jambi getaran hingga 4 MMI. Di Pekanbaru terasa 3 MMI dan di Jakarta antara 1-2 MMI.

"Di Singapura terasa sampai 2 MMI, tadi ada laporan dari menara di jakarta juga terasa," kata Aji, salah satu petugas di Pusat Gempa Nasional saat dihubungi Senin (25/2) pukul 16.25 WIB. Namun, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat getaran gempa tersebut.

BMG telah mengeluarkan risiko tejadinya tsunami akibat gempa tersebut. Namun, sampai sekarang belum ada laporan terjadinya tsunami.

Sampai berita ini diturunkan telah terjadi gempa susulan sekali pukul 16.03 WIB. Gempa susulan yang berpusat di dekat lokasi gempa pertama berkekuatan 5,0 SR. (PadangKini.com

No comments:

Post a Comment

Komentar :