Anda adalah Founder... so what ..?

Banyak pengusaha dan pebisnis yang selalu mengatakan, bahwa saya adalah yang pertama. Saya adalah yang memulai konsep bisnis ini, yang lain hanya sebagai pengikut atau sebagai follower saja. Sayalah yang pertama kali memulai bisnis dengan konsep ini di kota….. Pertanyaan selanjutnya adalah, so what ? Emang kenapa dengan yang pertama ? Jika memang perusahaan itu adalah yang pertama dengan konsep bisnis tersebut, trus ada apa ? Apakah ada hebatnya ?


Semua tergantung kepada diri perusahaan tersebut. Jika memang dia yang pertama dan mampu menjaga tingkat kestabilan perusahaan tersebut, tentu akan menjadi hal yang positif. Jelas perusahaan tersebut akan memenangkan pasar, karena dialah yang pertama dan yang lain belum tentu ada. Tapi jika hanya sebagai yang pertama atau istilahnya adalah The Founder tanpa menjaga kualitas dan eksistensinya, tentu akan menjadi sia sia belaka. Semua akan menjadi tiada artinya. Pertama atau bukan sama saja.

Kenapa bisa begitu ? Karena dia berdiri atas kesombongannya. Sombong karena sebagai pelopor.. Sombong karena sebagai yang pertama. Dulu mungkin dia bisa sukses sebagai pelopor, namun sekarang, dia bukanlah apa apa. Karena dia tidak mau berubah, sedangkan si follower mau berubah mengikuti perkembangan jaman. Sehingga yang diingat orang hanyalah si follower, bukan si founder.

Persaingan dunia bisnis semakin menggila. Biarpun anda sebagai pelopor, founder, yang pertama atau apapun istilahnya, jangan sombong.. Janganlah selalu melihat keatas, tanpa melihat kesamping. Ingat, kompetitor anda, semakin pintar. Mereka tidak hanya sebagai pengikut / follower, tapi juga mampu mengembangkan diri dengan mengalahkan the real foundernya.
(http://siheyu.info/)

No comments:

Post a Comment

Komentar :